Padang-kuncipos.com- Pemerintah Kota Padang menyambut baik pencanangan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia Keluarga Berencana-Kesehatan (IBI KB-Kes) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi pada acara pencanangan IBI KB-Kes Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 di Lapangan Medan Nan Bapaneh, Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji, Rabu (5/2/20).

Mahyeldi mengatakan, pencanangan Bulan Bakti IBI KB-Kes tahun 2020 dapat menyatukan komitmen bersama dalam rangka menyukseskan program KB di Kota Padang dan Sumatera Barat, sekaligus memberikan dorongan kepada tenaga kesehatan dalam hal ini IBI agar meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Salah satu tugas IBI adalah memberikan dan memaksimalkan akses kualitas kesehatan dan KB kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera," ujar wali kota.

Sementara itu, Gubernur Sumater Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada para Bidan, pengawas dan tenaga kesehatan yang luar biasa kerjanya membantu pemerintah dari sektor kesehatan khususnya untuk keluarga. "Kita juga ucapkan terimakasih kepada petugas KB dan OPD terkait yang telah bekerja keras sehingga peserta KB dapat bertambah," ujarnya.

Senada dengan itu, Deputi KSPK BKKBN M. Yani mengatakan, peran IBI dan Dinas Kesehatan sangat penting dalam dalam meningkatkan program keluarga berencana dan kesehatan. “Oleh sebab itu saya mengharapkan kepada jajaran Dinas Kesehatan, IBI dan OPD-KB agar tetap bersemangat tinggi untuk terus menerus melakukan motivasi dan memberikan pelayanan KBdan kesehatan kepada masyarakat,” tukuknya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IBI Sumatera Barat Hasna Wati menyebutkan kegiatan ini dimulai dari Januari sampai Juni 2020, dengan rangkaian acara diantaranya, pencanangan  Bulan Bakti IBI KB-Kes Tingkat Sumatera Barat, Pelayanan KB
Implant dan IUD yang sudah dilakukan kepada 60 orang pasangan usia subur dan pelayanan pemberian makan serba ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang. 

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara KA. Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Barat denga KA. OPD kabupaten/kota di Sumatera Barat. Dan Perjanjian Kinerja Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat dengan pejabat Struktural  dan Staf Dilingkungan Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Barat. 

Hadir pada acara itu, Kepala BKKBN Perwakilan Sumbar Etna Estelita, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Heryanto Rustam, para Bidan, kepala OPD KB kabupaten/ kota terkait se Sumatera Barat, unsur Forkompinda dan Unsur Forkopimka setempat. (Mul/Humas Padang).
 
Top