Padang-kuncipos.com- Dalam rangka menyambut pelaksanaan Peringatan Hati Besar Keagamaan Hati Raya Idul Fithri 1441, Komandan Korem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada SE, MM bersama Forkopimda mendampingi Gubernur Sumatera Barat Ir.Irwan Prayitno dalam rapat Koordinasi Video Conprens di Ruang Kerja Gubernur Sumatera Barat Jln. Sudirman No 25 Padang, Senin (18/5).

Dalam Rakor yang juga diikuti Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto ini  membahas tentang Pelaksanaan Sholat Idul Fithri dari beberapa kementerian ini  diantaranya,  Kemenkopolhukkm,  Kementerian Agama,   Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung, Panglima TNI,  Kapolri dan BIN ini membahas tentang  pelaksanaan Sholat Idul Fitri pada tahun 2020 ini di tengah Pandemi Covid 19 yang masih mewabah.

Dalam kesempatan rapat tersebut pemerintah tetap menghimbau agar pelaksanaan Sholat Idul Fithri dilaksanakan oleh  keluarga inti  dirumah saja dan kalaupun ada masyarakat yang akan melaksanakan Sholat di Masjid atau di Lapangan maka Pemda bersama Forkopimda terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat bahwa daerah tersebut tidak ada warganya yang terkena virus Covid19 atau dapat dikatakan bahwa daerah tersebut adalah Zona Hijau.

Serta wilayah tersebut harus mematuhi protap Covid 19 antara lain Jama'ah tidak terlalu banyak, menjaga jarak perorangan 1 meter, menyediakan air mengalir untuk cuci tangan, hand sanitizer, pakai masker, khutbah tidak boleh panjang, pakai ayat ayat pendek, tidak boleh salaman dan harus diawasi oleh TNI Polri Pol PP dan aparat terkait lainnya.

Selain itu juga ditekankan agar pengawasan di chek poin perbatasan wilayah harus semakin diperketat terutama di malam hari karena dimungkin masih adanya yang mudik.

Semakin ketatnya pengawasan,  semakin disiplin dan patuhnya  masyarakat akan protap penanganan Covid 19 maka akan semakin dapat menahan Pandemi Covid19 di seluruh Indonesia.

Usai pelaksanaan rapat Koordinasi Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada menyampaikan  agar apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah dalam hal ini mari kita laksanakan dan kita dukung.

" apapun yang sudah menjadi keputusan pemerintah mari kita dukung dan laksanakan  khususnya Korem 032 kami siap membantu Kepolisian dan Pemda untuk bersama sama dengan masyarakat mari kita laksanakan  demi kebaikan bersama" , tegas Danrem.

Rakor Gubernur dan Forkopimda Sumbar dengan Kemenkopolhukkam Kementerian Agama, Panglima TNI dan Kapolri ini  juga diikuti oleh Wakil Gubernur, Kasi Intel dan
Kasiops Korem 032/Wbr, Kasiops Lantamal II Padang, Kasiops Lanud Sutan Sjahrir Padang dan Pejabat Pemda Sumatera Barat.( **)
 
Top