Singkil, jangkar1news.com 
Pemerintah Kecamatan Singkil melakukan sosialisasi dua aplikasi yaitu e-DMC 19 (Desa Melawan Covid-19) dan Human Development Worker (e-HDW) yang bisa membantu pencegahan dalam penanganan virus Covid-19 (Corona virus Disease) dan kesehatan masyarakat desa di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Singkil pada hari Rabu yang lalu (01/07).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampong Sekretaris Desa dan aparatur desa, serta pendamping desa.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampong, Azwir, SH dalam arahannya menyampaikan, bahwa aplikasi ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran menteri desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) no 13 tahun 2020 Tentang Pemanfaatan dan Penggunaan Aplikasi tersebut.

Ditambahkannya lagi, aplikasi e-DMC ini membantu relawan desa lawan covid-19 dalam melaksanakan kegiatan dan memberikan edukasi dan informasi tentang virus corona ke masyarakat, serta pengumpulan data terkait penyebaran virus dan dampaknya bagi masyarakat yang bisa memudahkan proses pelaporan atas kondisi desa terkait Covid-19, ujarnya.

Sementara aplikasi e-HDW digunakan untuk memastikan layanan gizi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sehingga kedua aplikasi ini yaitu aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan e-HDW digunakan untuk memperoleh data real time dan informasi cepat dan akurat agar para pengambil kebijakan dengan memanfaatkan data real time dapat memantau secara terus menerus beragam kegiatan respons Covid-19 dan pencegahan stunting yang ada di setiap desa.

Azwir, SH juga menginstruksikan kepada operator di masing-masing desa agar teliti dalam mengerjakan aplikasi tersebut dan menugaskan pendamping desa untuk melakukan pendampingan terhadap pemanfaatan, pemantauan dan alurasi data. (RN)
 
Top