WISATA SUMBAR-
Setelah mendengar dan mendapat berita tentang perjuangan para pemuda kampung nelayan Sungai Sungai Pinang Pessel untuk ikut dalam Festival Film Independen di Paris dan Ngamen film karya mereka sendiri selama 2 bulan diEropa, wakil gubernur Sumbar Audy Joinaldy langsung beraksi dan bersimpati!


Wakil gubernur muda dan seorang pengusaha sukses dan berwawasan ini langsung mengundang para pemuda tersebut Sabtu pagi 5 Juni bahkan kerumah pribadinya.


Para pemuda yang tergabung dalam Cenari Foundation yang diwakili oleh Marta Wijaya Sinaro Rbh , Ilham Pribadi Rbh Rizky Ramadhan dibawah binaan Ricky Putra Sinaro langsung sangat senang atas penghormatan yang diberikan kepada mereka.


Ricky Puta Sinaro adalah pemuda tamatan SMP yang telah berhasil menelorkan banyak sarjana dikampungnya. Dia adalah pemuda pelopor pariwisata yang telah berhasil memperkenalkan Sungai Pinang sebagai sebuah destinasi wisata. Sebelum pandemik tamunya 100% overseas market dan 75% pertama ke Asia. Dan saking senangnya ada tamu yang sampai menginap 2 bulan disana!


Dan pada saat itu Zeynita Gibbon seorang penulis urang awak yang sudah 20 tahun tinggal di Inggris dengan salah satu bukunya " My Journey " turut juga dengan semangat mendampingi anak - anak tersebut.


Perkenalan saya dengan uni Zeynita Gibbons pertama kali waktu saya diberi kehormatan oleh bapak Oni Yulfian dan kemenparekraf untuk ikut dalam acara Indonesia Festival salah satu program dari kemenparekraf pada 2019 yang mana beliau akhirnya menuliskannya dimedia https://www.harianhaluan.com/news/detail/77961/ridwan-tulus-banyak-warga-inggris-tertarik-berlibur-ke-sumbar


Dan yang lebih luar biasanya wanita yang berumur 64 tahun ini akhirnya ingin juga membantu ide - ide saya dan ingin turut berjuang bersama dalam mewujudkan Sumbar dan Indonesia sebagai Green Tourism Destination yang insyaallah bisa menjadi solusi pariwisata dunia.


Dan bahkan yang lebih luar biasa lagi dia menyiapkan diri dan tenaga dan ingin menjadikan rumahnya sebagai kantor perwakilan www.sumatraandbeyond.co International Green Tour Operator dan sekaligus untuk promo wisata Sumbar dan Indonesia.


Dan juga beliau sedang menyiapkan kampungnya Paninjauan - Solok sebagai kampung inspirasi berikutnya.


Pada saat pertemuan juga hadir Ronny Suhatril seorang pemuda pelopor sporttourism yang sekarang menjabat sebagai Pengawas Sepakbola Asia yang setelah pertemuan langsung terbang ke Jakarta untuk acaranya di Uzbekistan.


Dan tak kalah penting hadir juga Mulyandri Ramadhan Bachtiar sekjen Green Tourism Institute yang juga berprestasi luar biasa karena beliau pernah dapat penghormatan oleh mantan Presiden Textile Art Council of Amerika sebagai guide program tekstil terbaiknya semenjak 2002 untuk kunjungan tekstil keseluruh dunia !


Pertemuan Santai dengan sang wagub


Tepat pukul 9 pagi Sabtu tersebut kami sampai dirumah pak wagub dan beliau langsung menyambut kami dengan baik.


Setelah saya memperkenalkan mereka semua kepada sang wagub saya juga bercerita sedikit tentang "Assistant Garin" yang alhamdulillah kebetulan sang wagub sudah mendengar sedikit banyak tentang saya.


Lalu pendiri Cenari Foundation Martha bercerita tentang program organisasi mereka yang ingin mewujudkan kampunya Sungai Sebagai Kampoeng Inspirasi dan Green Tourism Destination (protect the cultures, protect the natures, empower and bring benefit for local people dan support conservation...Dan mereka dengan 3 misi programnya ingin menjadikan Sungai Pinang sebagai Kampung Hijau Mandiri, Pemuda Hijau Mandiri dan Mesjid Hijau Mandir.


Nasehat dan pencerahan dari sang wagub


Mendengar upaya dan usaha yang akan dilakukan oleh para pemuda ini sang wagub langsung memberikan ucapan terima kasih atas perjuangan mereka. Dan langsung dengan kepiawaiannya sebagai seorang pengusaha dan memberikan nasehat dan motivasi kepada anak - anak tersebut.


Beliau menyarankan bahwa dalam masa pandemik ini yang mengakibatkan kondisi usaha pariwisata dunia mati suri memang diperlukan suatu usaha yang out of the box dan suatu promo yang murah meriah melalui IT.


Dan beliau melanjutkan memang sangat sulit untuk mendatangkan overseas market Sampai tahun 2023 beliau menyarankan untuk fokus ke pariwisata domestik. Tapi beliau berniat untuk turut membantu perjuangan anak - anak kampung nelayan tersebut. Bahkan yang luar biasa lagi beliau langsung memutuskan dan menyuruh seorang staff ahlinya untuk langsung melihat kampung Sungai Pinang hari itu juga.


Tantangan Buat anak Sungai Pinang


Para pemuda Sungai Pinang sangat merasa bangga dan terharu atas sambutan wagub yang mereka rasa sangat akrab sekali.


Bahkan tantangan dari sang wagub akan sulit mendatangkan tamu asing sampai akhir 2023 akan mereka buktikan dengan mendatangkan salah satu bintang film papan atas Hollywood sebelum dateline yang diberikan insyallah!


Siapa bintang film papan atas Hollywood tersebut ? ??? Silahkan tunggu laporan selanjutnya.


Dan bagi orang - orang yang ingin membantu perjuangan mereka...ayo mari kita bersama. Seberapapun sumbangan anda sangat berarti buat perjuangan mereka. Ricky akan membawa langsung film mereka ke Paris insyaallah tgl 15 Juli 2022 dan melakukan promosi pariwisata disana selama 2 bulan🙏


Thanks for being a Green Friend of Indonesia


Ridwan Tulus

www.sumatraandbeyond.co International Green Tour Operator

Support for greentourisminstitute.org

 
Top