Kuncipos.com - Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308 /Pariaman Sertu Yumahdi tanjung melaksanakan kegiatan ketahanan pangan, nampak semangat membantu petani memupuk tanaman jagung jenis Pioner 21 di lahan persawahan milik Bpk Buyung Poktan kayu samuik Korong Palak pisang Nagari Toboh Gadang Selatan Kec. Sintoga Kabupaten Padang pariaman. Rabu (25-05-2022).

Pemupukan pada tanaman jagung di musim panas ini umumnya para petani melarutkan pupuk ke dalam air lalu disiramkan ketanaman jagung satu persatu,namun ini masih bisa di taroh di tiap - tiap rumpun jagung.

Sertu Yumahdi tanjung mengatakan, metode pemupukan yang diberikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil panen jagung, sebaiknya jagung dipupuk pada masa awal penanaman jagung, pupuk dasar di awal masa pemupukan berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan. “Pemupukan tanaman jagung ini berlangsung selama masa tanam,” ujarnya.

Bapak Buyung pemilik lahan menagatakan, Babinsa pendamping sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya. “Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. 

Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi,” tutur Babinsa.
 
Top