Parik malintang, Kuncipos.com - Babinsa Koramil 04/scc kodim 0308/PRM, sertu Perizal bersama Petani laksanakan Upsus kepada Petani membuat galangan sawah,dalam rangkat Percepatan tanam selanjutnya,Pauh (15/06/2022).

Pembuatan galangan atau merapikan Pematang sawah atau mengunakan alat cangkul dengan cara d mencangkul Pada batas sawah dengan membentuk selokan agar air yang d gunakan untuk mengairi sawah agar tidak terhambat,dengan cara ini untuk menghemat air dalam Proses mengolah sawah sebelum d bajak.

Babinsa Koramil 04/SCC menjelaskan Pada Pengolahan tanah sawah d lakukan Perbaikan dan Pengaturan Pematang sawah dan selokan agar tetap baik untuk mempermudah saluran irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah dalam merawat tanaman tutur sertu Perizal.

Babinsa Koramil 04/ SCC menjelaskan,bukan untuk itu saja selain untuk menyuburkan tanah yang akan d tanami,karena dengan sistem membuat galangan dan membersihkan nya sebagai batas sawah satu dengan yang lain,untuk mengantisipasi agar gulma,rumput agar tidak cepat tumbuh.terangnya.
 
Top