Kampung Dalam, Kuncipos.com - Babinsa Koramil 06/Kampung Dalam Nagari Padang Alai Kopda Turnip meninjau langsung kondisi ternak sapi diwilayah binaannya Nagari Padang alai Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman,Senin (11/07/2022)

Babinsa mempunyai prinsip dasar yaitu deteksi dini dan cegah dini, itu yang diterapkan Kopda Turnip diwilayah binaannya nagari gunung Padang alai Kec V Koto Timur termasuk mengecek hewan ternak sapi diwilayah binaannya tertular penyakit mulut dan kuku atau tidak(PMK).

PMK adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus. Penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan salah satu penyakit hewan menular yang cukup menghebohkan dan merugikan perekonomian petani ternak.

Sebagai seorang Babinsa merupakan beban moral dalam menghadapi PMK diwilayah binaannya. Untuk meminimalisir kerugian maka Babinsa harus bergerak kelapangan mengecek hewan ternak dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan hewan diwilayah binaannya.
Data terindikasi PMK diwilayah nagari Padang alai sbb: 

1.Nama: Ali Amran
Umur: 54 Tahun
Alamat: korong kayu angik Nagari Gunung Padang alai
Jumlah : 2 ekor
No. hp: 082288024550

**Data sapi:
-Umur sapi: 5 Tahun 
-Sakit sudah 15 hari
-sudah d obat sama mentari hewan
-kondisi sudah mulai membaik

2. Nama: febri asral
    Umur: 33 tahun 
    Alamat: Korong kayu 
    Angik nagari gunung 
    Padang alai
    Jumlah : 1 ekor
    no hp: 085375113817
   Data sapi
  - umur sapi: 3 Tahun
  - sakit sudah : 16 hari
  - sudah di obat oleh 
    Mantri hewan
  - Kondisi sudah mulai 
    Membaik

3. Nama: Sawir
    Umur : 60 tahun
    Alamat : Korong Pasa  
    Padang alai Nagari 
    Gunung Padang Alai
    Jumlah : 1 ekor
    No hp: 082385879051
    Data kerbau
    - Umur: 3 tahun
    -Sakit sudah: 16 hari
    -sudah di obat oleh 
     Mantri hewan
    - kondisi sudah mulai 
     Membaik
 
Untuk mengatasi PMK tersebut selain antibiotik yang disuntikkan petugas kesehatan hewan, Babinsa dan masyarakat membuat ramuan kampung seperti gula aren dicampur telur bebek dan perasan air kunyit lalu diminumkan ke sapi yang terindikasi PMK guna memberi asupan nutrisi kepada sapi.

Masyarakat mengapresiasi kinerja Babinsa diwilayah nagari Padang alai yang selalu aktif dan selalu ada dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di nagarinya. (BSS 06/KPD TRNP)
 
Top