Kampung Dalam, Kuncipos.com - Babinsa Koramil 06/Kampung Dalam Kopda Yoprizal melaksanakan kegiatan beternak kerbau dan melakukan perawatan ternak dan kandang yg terletak di Korong Lansano Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (17/09/2022).

Melihat Potensi dan kondisi wilayah sangat cocok melakukan usaha peternakan kerbau Krn lahan rumput yg tersedia utk makanan,kubangan dan sungai tempat kerbau mandi dan berendam serta iklim yg sedang sehingga kerbau dapat berkembangbiak sesuai yg diharapkan.

Utk Saat ini jumlah kerbau yg dimiliki Kopda Yoprizal yaitu Induk kerbau 1 ekor berumur lebih kurang 4 Tahun dan anak kerbau 3 ekor yg semuanya dalam kondisi gemuk dan sehat dan kandang kerbau yg berukuran 3x 7 meter. 

Setiap hari kandang selalu dibersihkan dari sisa rumput dan kotoran kerbau agar kebersihan kandang terjaga dan ternak kerbau selalu dlm keaadaan bersih dan sehat. Utk kotoran kerbau digunakan sebagai pupuk organik bagi pertanian dan perkebunan bagi warga masyarakat yg berada disekitarnya.

Agar ternak kerbau berkembang dgn baik setiap pagi hari ternak dilepaskan ke Padang rumput yg berada tidak jauh dari kandang agar kerbau mendapat makanan yg cukup dan selain itu rumput juga disabit sebanyak 2 karung perharinya utk cadangan makan malam kerbau di malsm hari serta setiap sore hari sebelum dimasukkan ke dalam kandang kerbau dibawa mandi berendam disungai utk dibersihkan.

Dalam perawatan agar kerbau tetap terjaga kesehatannya ternak kerbau dicek kesehatannya oleh Mantri hewan yg ada diwilayah kecamatan yg tujuannya kesehatan ternak tetap terjaga dgn pemberian vitamin dan ternak terhindar dari penyakit menular serta apabila terjangkit penyakit dapat teratasi dgn cepat.

Dalam kegiatan keseharian perawatan ternak kopda yoorizal dibantu oleh putra sulungnya sesudah pulang dari sekolah, ini mengajarkan kepada anak utk tau dalam beternak dan utk meningkatkan pengetahuan anak dalam usaha peternakan kerbau sehingga padawaktu nanti termotivasi dalam pengembangan dirinya nanti pada waktu sudah dewasa nanti baik diusaha ternak kerbau maupun usaha yg lain yg menjanjikan utk meningkatkan kesejahteraan. 

Apabila kerbau sudah cukup umur nanti akan dijual yg biasanya didaerah ini utk penjualan pemotongan adat hewan Lebaran Hari Raya Idul Fitri yg dilakukan setiap tahunnya utk memenuhi kebutuhan daging diwilayah Krn pada waktu menyambut Lebaran daging kerbau lebih diminati sebab bertekstur padat yg sangat bagus utk dibuat masakan rendang Sbg makanan ciri khas masyarakat Minang Kabau 

Diharapkan nanti usaha ternak kerbau ini dapat berkembang dgn baik dan mendapatkan jumlah yg lebih banyak utk peningkatan perekonomian keluarga dan utk masa depan anak-anak disamping bertugas pokok sebagai Babinsa serta utk memotivasi masyarakat disekitarnya utk melakukan usaha ternak kerbau sebagai motivator bagi masyarakat diwilayah binaan. (BBS 06/KPD).
 
Top