Kuncipos.com - Babinsa Koramil 05/Sicincin Kodim 0308/Pariaman Kopda Andrian  bersma sama dengan Petani kacang Tanah Membersihkan Guma Pada Tanaman Kacang di Korong Sarang Gagak , Nagari Pakandangan, Kec. Enam Lingkung, Kab. Padang Pariaman. Senin (12/09/2022).

Luas lahan penanaman kacang tanah lebih kurang 0,25 hektar milik Bapak Yusri (58), Yang mana waktu penanaman sampai dengan pemanenan lebih kurang 4 bulan sedangkan umur kacang tanah sekarang baru 2 bulan.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini yaitu membersih kan tanaman kacang dari gulma dan menggemburkan tanah supaya tanaman kacang tanah tersebut cepat berkembang dengan subur.Masyarakat produktif termotivasi menanam kacang tanah karena harga kacang tanah nilai jual lebih tinggi.

Kopda Andrian dalam kesempatan itu turut menjelaskan pengaruh gulma pada tanaman kacang Tanah. Selain akan menghambat pertumbuhan kacang Tanah, gulma ini juga akan memikat dan menimbulkan hama tanaman seperti ulat daun.

Gulma ini kalau tidak segera dibersihkan akan didatangi ulat daun dan tanaman kacang Tanah ini akan ikut dirusak oleh ulat juga. Gulma ini harus segera dibersihkan. Ucap Babinsa.
 
Top