Alahan Panjang, Kuncipos.com - Telah resmi dibuka, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Alahan Panjang Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat kembali menyelenggarakan program pelatihan kemandirian bersertifikat untuk Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Alahan Panjang, Senin (27 Maret 2023). Pelatihan kemandirian ini bertajuk bidang Jasa yaitu Pelatihan Barista yang bekerjasama dengan CV.Jasa Indah Mandiri.

Berlangsung di Lapangan Lapas Alahan Panjang, Kegiatan pembukaan pelatihan kemandirian dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Alahan Panjang (Darwan,S.H.,M.H), Wakil Direktur CV.Jasa Indah Mandiri (Rini), Pejabat struktural dan Pegawai Lapas Alahan Panjang dan Team CV.Jasa Indah Mandiri. Mengawali kegiatan, dilakukan pembacaan laporan program kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikat oleh Kasubsie Pembinaan (Erwin).

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Direktur CV.Jasa Indah Mandiri, Rini. Dalam sambutannya, beliau sangat berharap dengan adanya program pelatihan kemandirian bersertifikat ini semoga dapat bermanfaat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan khususnya selepas menjalani masa pidananya.

"Harapan kami pelatihan ini bisa diterapkan dan bisa membuahkan hasil maksimal dan tentunya meningkarkan kompetensi dan keahlian bagi warga binaan pemasyarakatan ”. Ucap Rini.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Alahan Panjang Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Darwan,S.H.,M.H yang juga turut memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelatihan kemandirian bersertifikat bidang Jasa (Barista) ini.

“Pelatihan Barista mudah mudahan nantinya jadi ikonik bagi Lapas Alahan Panjang, Maka mari ikuti dengan baik sehingga jadi modal para Warga Binaan baik didalam maupun luar nanti”, Skill itu sangat diperlukan saat ini di dunia Kerja, ucap Kalapas ketika memberikan sambutan di hadapan peserta warga binaan pemasyarakatan sebelum akhirnya membuka secara resmi kegiatan pelatihan kemandirian bersertifikat ini.

Untuk kesekian kalinya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Alahan Panjang menjalin kemitraan dengan CV.Jasa Indah Mandiri dalam program kepelatihan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Bahkan sudah banyak hasil yang diperoleh dari proses kerjasama antara kedua lembaga ini seperti keterampilan las listrik, Tenda, Pembuatan Tempe, Pembuatan Papan Karangan Bunga, Barbershop dan bidang profesi lainnya.(**)
 
Top