Padang-kuncipos.com- Ketua PKK Kecamatan Kuranji Fadhilla Triksi, SE, MM didampingi Pengurus TP-PKK Kota Padang Rita Hendiana mengikuti senam pagi di Lapangan Kantor Camat Kuranji.

Kegiatan Sabtu Sehat ini merupakan program sinergitas antara program-program TP PKK Kuranji dengan program Walikota Padang guna meningkatkan taraf kesehatan warga masyarakat.

“Sebagai kader penggerak PKK wajib bagi kader untuk menjalankan 10 program pokok PKK yaitu satu di antaranya program kesehatan dengan rutin berolahraga. Melalui senam bersama ini, kita harapkan untuk seluruh kader dan masyarakat dapat menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin untuk menjaga kesehatan,” ungkap Fadhilla Triksi.

Selanjutnya, selesai senam pagi ratusan kader PKK yang berasal dari 9 Kelurahan di Kecamatan Kuranji mengadu kreativitas mereka untuk mengolah bahan masakan lokal. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Lomba Cipta Menu (LCM) Pangan Lokal B2SA, pada lomba kuliner dan demo masak tingkat Kelurahan.

Acara yang digelar di lantai 3 Kantor Camat Kuranji itu dibuka langsung oleh Ketua PKK Kecamatan Kuranji Fadhilla Triksi, SE, MM, Sabtu (29/02/2020) Pagi.

Seperti diketahui, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan industri pangan lokal serta mendorong kreativitas PKK tingkat Kelurahan. Pengurus PKK Kota Padang Rita Hendiana dan Ketua Pelaksana Forikan Kota Padang Entri Sofia juga hadir sebagai narasumber sekaligus juri lomba kuliner.

Dalam sambutannya Ketua PKK Kecamatan Kuranji Fadhilla Triksi mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan kali ini adalah kegiatan lomba bermacam jenis kue yang terbuat dari ikan, yang mana untuk memupuk gizi balita serta tali silaturahmi antara PKK tingkat Kelurahan.

Dalam rangka peningkatan kapasitas kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), PKK Kecamatan Kuranji mengadakan lomba masakan yang berbahan dari ikan dengan tujuan untuk peningkatan kapasitas kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Kuranji sekaligus memupuk kekompakan agar PKK Kelurahan saling berbagai ilmu, dan menjadi pelajaran agar kedepan dalam lomba lebih baik lagi. Peranan PKK dalam pemberdayaan masyarakat, mengajak elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan, ujarnya.

Fadhilla Triksi mengatakan, setiap masing-masing kelurahan sebanyak 15 orang Ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita (DW) pada lomba kali ini diikuti sebanyak 150 orang di Kecamatan Kuranji.

“Kami Sama – sama berharap bawah pada hari ini agar semua kelompok dapat menampilkan kreasi terbaik dalam lomba makanan gizi balita dan dapat berbagi ilmu sesama anggota PKK karena berbagi ilmu itu indah bila kita saling kompak,” tuturnya.

Terkait itu, berbagai kreasi diperlihatkan dalam bentuk masakan berbagai jenis sajian kue untuk gizi balita terjamin. Perlombaan ini juga bertujuan supaya Ibu – ibu PKK bisa berkreasi dalam membuat bentuk makanan tapi tanpa mengurangi syarat gizi makanan yang sehat. Agar nanti bisa di aplikasikan juga kepada Ibu – ibu rumah tangga yang lainnya,” terangnya.

Selain itu, Fadhilla Triksi juga menjelaskan, Kecamatan Kuranji sebagai kota jasa dan perdagangan, yang hanya mengandalkan SDM. Tentunya apa yang dilakukan pada hari ini merupakan proses untuk memperkaya dan mengembangkan SDM dari Kader-kader kelurahan.

Fadhilla Triksi menambahkan, selain meningkatkan SDM, kegiatan ini juga diharapkan memperkaya potensi pangan yang ada di Kecamatan Kuranji. Kedepannya menu yang kita olah tidak hanya menciptakan Menu – menu baru, tapi juga makanan yang bergizi seimbang sebagai perilaku hidup sehat,” harapannya.

Kegiatan ini disamping untuk memberikan penghargaan juga sebagai upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kader.

Adapun penilaian ada 5 kriteria, yaitu Penampilan, kelengkapan/menu seimbang, cita rasa, B2SA dan kreasi.

Juara I Kelurahan Anduring total nilai 223 poin.
Juara II Kelurahan Ampang total nilai 189 poin.
Juara III Kelurahan Lubuk Lintah total nilai 184 poin.(rel)
 
Top