PADANG - Rumah Potong Ayam (RPA) yang dibangun Koperasi Konsumen Saudagar Minang Raya di kompleks Rumah Potong Hewan (RPH) Air Pacah dalam waktu dekat akan segera beroperasi. RPA dengan sistem railing tersebut memiliki kapasitas pemotongan ayam sebanyak 1.000 ekor per jam.
Wali Kota Padang Mahyeldi saat mengunjungi RPA, Selasa (9/6/2020), mengatakan, dengan beroperasinya RPA Aie Pacah nantinya bisa memenuhi kebutuhan ayam potong di Kota Padang secara cepat. Dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Kota Padang pasca PSBB Covid-19.
“Kemampuan pemotongan RPH ini 8.000 ekor per hari atau sekitar 10 sampai 12 ton per hari”, terang Mahyeldi.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, bangunan RPA dilengkapi dengan blaster, cold storage, ciller dan marinasi (pembumbuan). Serta, penggantung ayam, pencabutan bulu, pencucian karkas, penanganan dan pengemasan karkas.
“Rencana awal, RPA ini akan beroperasi pada awal bulan Ramadhan, namun karna wabah Covid-19 jadi tertunda. In syaa allah, dalam waktu dekat ini akan segera operasi”, ujar Syahrial usai mendampingi Wali Kota Mahyeldi.
Ia menambahkan, RPA yang dibangun Koperasi Konsumen Saudagar Minang Raya di komplek RPH Aie Pacah menyewa lahan Pemko Padang seluas 5.000 meter persegi. (Ulil/Adi/Prokopim)
 
Top