Padang Pariaman, Kuncipos.com -pendampingan membantu petani memasang tali pengusir hama burung di Korong Kiambang Nagari Lb Pandan Kecamatan 2 x11 Anam Lingkung, Selasa (01/03/2022).

Sertu Dodi Wijaya menuturkan bahwasanya keberadaan hama burung saat ini dapat mengurangi jumlah panen para petani mengingat bulir-bulir padi sudah mulai terlihat di tanaman padi. Untuk menyukseskan dan menjaga jumlah produksi panen yang maksimal, para petani memberikan kerja ekstra untuk mengusirnya. Berbagai cara sudah dilakukan agar padi tidak rusak seperti memasang jaring dipermukaan padi, memasang orang-orangan dan lain sebagainya.

"Banyak cara dilakukan dalam mengusir hama burung agar tidak memakan bulir padi seperti memasang tali pengusir burung seperti ini". katanya.

Sertu Dodi wijaya juga menambahkan bahwa dengan tali yang dibentangkan di atas tanaman padi tersebut, harapannya dapat digerakkan untuk menakuti-nakuti burung yang hinggap di tanaman padi sehingga tidak memakan bulir padi dan pergi meninggalkan sawah. Dengan cara tersebut, petani tetap harus terjun ke sawah khususnya di waktu pagi dan sore hari untuk memantau tanamannya. Sebab, hama burung tersebut datang ke areal pertanian di waktu makan.

"Pakai tali biar hemat, meski tiap pagi dan sore harus terus memantau kegiatan hama burung di sawah". ungkap Sertu Dodi wijaya

Kegiatan pendampingan tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Babinsa dalam menjaga silaturahmi dengan petani demi terwujudnya kemanunggalan Babinsa dengan warga masyarakat khususnya para petani di Nagari Lb Pandan.
 
Top