Kalapas Alahan Panjang Darwan, S.H, M.H saat makan bersama dengan jajaran dan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP).

Kuncipos.com - Alahan Panjang (SUMBAR) -Bak kata pepatah, salah satu faktor keberhasilan seseorang diawali dari rumah. Apabila seseorang tersebut merasa nyaman dan tentram berada dirumah, maka peluang untuk meraih kesuksesan akan lebih mudah.

Konsep itulah yang diterapkan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Alahan Panjang, Sumatera Barat yang kepalai Darwan, SH.MH. Antara sesama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas Lapas seperti tak ada jarak, malah seperti keluarga sendiri.

Pada Jum'at (18/02/2022), Kalapas Alahan Panjang, Darwan, SH.MH mengajak seluruh WBP dan juga sejumlah petugas untuk makan Bajamba (makan bersama) di salah satu sudut Lapas tersebut.


Hal itu dilakukan guna menjalin keakraban antara sesama WBP dan petugas supaya timbul rasa kekeluargaan diantara kita didalam Lapas," pungkas Darwan.

Darwan mengatakan, sebelum makan bajamba dilakukan, seluruh WBP diajak untuk bersih-bersih lingkungan Lapas supaya terhindar dari segala macam penyakit.

Salah seorang WBP Lapas Alahan Panjang mengaku sangat senang dengan apa yang diterapkan oleh Kalapas Darwan, SH.MH. Ia juga katakan belum pernah sebelumnya merasakan keakraban seperti ini antara sesama WBP dan petugas.

"Saya merasa seperti dirumah sendiri, ada rasa kekeluargaan yang kami rasakan," kata WBP tersebut.

Selanjutnya Kalapas Alahan Panjang Darwan menyebutkan akan melakukan kegiatan seperti ini setiap hari Jum'at.

"Kita akan agendakan kegiatan ini setiap hari Jum'at. Supaya keakraban antara WBP selalu terjaga. Denga begitu, mudah-mudahan setelah bebas nanti, WBP tersebut akan menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi keluarga dan masyarakat," tutup Darwan.(*)
 
Top