Kuncipos.com - Dalam upaya menjaga dan meningkatkan inovatif program swasembada pangan (Pajale), Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman Sertu Yumahdi mendampingi Bapak Aldi mengecek pertumbuhan tanaman jagung di lahan miliknya yang ada di Nagari Toboh Gadang Selatan Kecamatan Sintoga Kab.Padang Pariaman,  Kamis (17/03/2022).

Kegiatan inovatif yang dilakukan oleh Sertu Yumahdi adalah untuk memberikan motivasi kepada Petani Jagung dalam hal ini Bapak Aldi yang mana agar lebih bersemangat lagi dalam merawat tanamannya meskipun di tengah pandemi Corona maupun sudah dekat menjelang Puasa ini.

Disamping itu, kehadiran Sertu Yumahdi bertujuan untuk mendukung program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah, termasuk Jagung.

Dengan pengecekan serta pendampingan secara rutin dan intensif yang dilakukan Babinsa, harapannya pertumbuhan tanaman Jagung bisa semakin bagus tumbuh subur dan hasil panennya meningkat.

Bapak Jomili sendiri merupakan salah satu anggota kelompok tani yang ada di Nagari setempat. Bahkan la mengaku tidak merasa asing lagi dengan kehadiran Babinsa, sebab hampir setiap hari Babinsa selalu hadir mendampingi para petani yang ada di Nagari tempat la bercocok tanam. Ia juga mengungkapkan, bahwa kehadiran Babinsa sangat mambantu, mengingat masukan – masukan yang diberikan selama ini terbukti bisa meningkatkan hasil panen.

Sementara itu, Danramil 05/Lubuk Alung Lettu Czi.Delri Putra membenarkan kegiatan inovatif yang dilakukan oleh Anggotanya (Babinsa).

“Kami selalu memerintahkan para Babinsa untuk berada di tengah – tengah masyarakat, termasuk petani. Babinsa diharapkan tidak hanya memonitoring wilayah, akan tetapi harus bisa dan mampu mengatasi kesulitan masyarakat. Sepertihalnya mendampingi petani jagung dalam merawat ataupun memantau pertumbuhan tanamannya. Babinsa harus bisa membangkitkan semangat petani agar lebih gigih lagi dalam bercocok tanam. Yang kesemuanya itu adalah untuk mensejahterakan petani agar kehidupannya bisa semakin lebih baik lagi”, pungkas Lettu Delri Putra.
 
Top