Alahan Panjang, Kuncipos.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Alahan Panjang mengadakan kegiatan Muhasabah dan Doa bersama di Mushalla At-taubah di Lapas Alahan Panjang, Kamis (10/03/2022).

Memaknai arti Muhasabah diri oleh Ustad, Yen Eka Putra S.Ag., dari Madani Center Bukittinggi dan Bintang Haikal Fikri S.i.Kom., dalam rangka meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa.


Kalapas Alahan Panjang Darwan S.H.,M.H Menyampaikan bahwa Dalam ajaran agama Islam, Muhasabah sangat dianjurkan untuk dijalankan dengan baik, karena jika seorang muslim senantiasa menjalankan muhasabah maka akan memberi banyak manfaat yang baik, baik yang akan di dapatkan didunia maupun di akhirat kelak. Pungkasnya. 

Lingkungan pemasyarakatan merupakan salah satu tempat perenungan, sehingga memberikan efek yang sangat baik bagi warga binaan untuk lebih menyerahkan diri kepada Allah Swt, dikarenakan fokus pembinaan yang dilakukan oleh Lapas/Rutan yaitu pembinaan kerohaniaan kepada Warga Binaan Permasyarakatan (WBP). Sambungnya.

Muhasabah, yang berarti mengintropeksi akan diri sendiri terhadap apa yang dilakukan oleh WBP, serta menghitung diri dengan amal-amal perbuatan yang pernah WBP lakukan di masa-masa yang sudah lalu, membuat suasana di Musholla At-taubah Lapas Alahan Panjang menjadi haru.(JR).




 
Top