Kuncipos.com - Digelar di lokasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten padang Prm sukseskan gerakan sejuta vaksin dengan target utama pegawai dan lembaga penididikan di bawah naungan Kemenag serta terbuka untuk umum, Jum'at (22/04/2022).

Dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pdg Pariaman, bahwa kegiatan ini merupakan dukungan upaya pemerintah untuk mensukseskan Program Sejuta Vaksin Bosoter di tengah masyarakat menjelang mudik lebaran.

“Vaksinasi ini kami lakukan dengan melibatkan semua instrumen Kemenag dan Dinas Kesehatan, diselenggarakan di tempat Kantor Kemenag Pdg Pariaman .

Vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil survei. Dalam aturan disebutkan bahwa penyuntikan dosis lanjutan bagi lansia dan masyarakat umum dapat diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Kepala Kamenag menambahkan pihaknya mengintensifkan kolaborasi dengan Dinas Kesehatan untuk bisa melaksanakan vaksin kepada ASN di ingkungan Kemenag juga untuk masyarakat pada bulan puasa ini. Sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19, dimana vaksin booster ini menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak mudik lebaran ke kampung halaman.

“Ini semua adalah bentuk ihtiar agar mudik Idul Fitri nanti bisa aman, kami menghimbau ASN untuk turut serta membawa anggota keluarganya untuk menerima vaksin booster. 

Menurut Farwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular (suntik) tidak membatalkan puasa. Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya.
 
Top