Lubuk Alung, Kuncipos.com – Musim panen telah tiba Petani ada yang menjual hasil panennya berupa gabah dan ada juga dalam bentuk beras.

Berkaitan dengan itu, Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung, Kodim 0308/Pariaman, Sertu Hendri Saputra melakukan pengecekan tempat penggilingan padi (huller ) milik bapak Nedi di Korong Kapalo Banda Nagari Aie Tajun kecamatan Lubuk Alung kabupaten Padang Pariaman, jumad (27/05/2022).

Hal ini dilakukannya untuk memastikan hasil panen petani di Nagari Aie Tajun terserap untuk kebutuhan bulog, sekaligus menghindari para tengkulak membeli hasil panen petani dengan harga di bawah standar.

“Dengan adanya pengecekan langsung ke tempat-tempat penggilingan padi, maka akan dapat diketahui bahwa hasil panen milik petani di daerah binaanya bisa terserap ke Bulog,” ucapnya.

Dengan pengecekan langsung ini, bisa tahu bahwa hasil panen petani akan terserap kemana. Karena biasanya kalau melalui tengkulak maka panen petani tidak akan sampai ke penggilingan dan akan langsung dibawa ke luar kota.

Terjunnya para Babinsa ini sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan ketahanan pangan dalam mendukung dan menyukseskan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah," tutup Sertu Hendri.
 
Top