Padang, Kuncipos.com -- Gerimis dan awal tebal iringi proses keberangkatan jemaah haji Kloter III Embarkasi Padang di Bandara International Minangkabau (BIM), Senin (6/6). Namun hal ini tak menyurutkan semangat jemaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci.

Dibantu petugas Embarkasi satu persatu jemaah turun dari bis yang membawa mereka dari asrama haji ke BIM. Gerimis berhenti saat bus ke 5 dari 9 bus berhenti tepat di depan tangga pesawat GA3301.

Keberangkatan jemaah haji Kloter III ini diantarkan Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabag TU Miswan, Kabid PHU Joben dan Kabid Papkis Naharuddin.

Turut hadir Wakil Bupati Sijunjung, Arival Boy dan Kakan Kemenag, Syamsul Arifin, Kakan Kemenag Agam Marjanis bersama Pemda, Kakan Kemenag 50 Kota Irwan dan perwakilan Pemda dan Kakan Kemenag Sawahlunto, Dedi Wandra.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Joben mengatakan tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan 2.881 orang terdiri dari jemaah Sumatera Barat 2.093, ditambah Petugas Haji Daerah (PHD) 10 orang dan Petugas KBIHU 3 orang dan petugas Kloter 28 orang.

Sementara jemaah haji Bengkulu sebagai Embarkasi antara berjumlah 747 orang. Untuk jemaah Bengkulu tidak diinapkan di Asrama Haji.

"Jemaah haji Bengkulu transit di BIM sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. Jemaah Embarkasi Padang diterbangkan dalam 8 (delapan) kloter, ulas Joben.

Sampai hari ini lanjut Joben jemaah haji yang sudah berada di Arab Saudi sebanyak 784 orang. Ditambah 393 orang jemaah Kloter III yang saat ini masih dalam penerbangan menuju Madinah.

Jemaah Kloter berjumlah 393 terdiri Kabupaten Agam 147, Limapuluh Kota 131, Sijunjung 66, Sawahlunto 30, Solok Selatan 11, Kepulauan Mentawai 2 jemaah ditambah PHD 2 orang dan petugas kloter 4 orang.

"Alhamdulillah Kloter III sudah take off menuju Madinah, ATD pukul 14.26. Petugas yang mendampingi Ketua Kloter, Zulkarnain Batubara, Pembimbing Ibadah H. Ma'rufin dan tenaga kesehatan dr. Irma Suryani dan Ilham Syah Putra." RinaRisna

 
Top