Kuncipos.com - Hari ini Selasa, 5 Juli 2022 kegiatan pembekalan KKN mahasiswa untuk 10 Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat sudah dimulai. Menurut Ketua Pelaksana KKN Nazirman, M.A., pembekalan diberikan oleh unsur pimpinan Dinas Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota tempat lokasi KKN dilaksanakan, di antaranya Solok, Solok Selatan, Batusangkar, Pasaman dan Pasaman Barat, 5o Kota Payakumbuh, Darmasraya dan lainnya.

Dengan adanya narasumber dari pemerintahan daerah, KKN diharapkan terlaksana tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing. Ditambah dengan unsur pimpinan dan panitia pelaksana KKN UIN Imam Bonjol Padang yang lebih mengacu kepada materi pembekalannya terhadap filosofi KKN dan arah Kebijakan UIN Imam Bonjol Padang itu sendiri, harapan adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi juga dapat diwujudkan, tuturnya.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut, pihak pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten dan Kota membahas tentang arah kebijakan Pembangunan Daerah pada aspek sosial keagamaan dan program sosial lainnya. Di samping itu panitia juga ikut bagian dalam mengarahkan mahasiswa berkaitan dengan pebetukan kelompok dan teknik penyusunan laporan KKN PPM. Di situ pula para praktisi membagi pengalaman dengan mahasiswa berkaitan dengan teknik pendampingan partisipatif dan pendampingan proses sertifikasi produk halal.

Luaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu memahami arah dan kebijakan pembangunan di berbagai daerah dan merancang program KKN sesuai dengan tema-tema yang aktual dan menjawab kebutuhan masyarakat untuk masa kegiatan 40 hari. Hasil kerja atau kegiatan 40 hari direfleksikan dan dilporkan dalam bentuk narasi individu maupun kelompok. Laporan berikutnya dalam bentuk artikel luaran prngabdian pada masyarakat dan laporan dalam bentuk video durasi pendek.

Mahasiswa peserta pembekalan berjumlah 950 orang yang terbagi pada tiga Kabupaten, yakni Solok, Solok Selatan dan Batu Sangkar. Kegiatan akan berlanjut sampai 7 Juli 2022 untuk 7 kabupaten kota lainnya. Lebih lanjut akan dipertimbangkan saran dan masukan dari pihak DPMD dan nagari lokasi KKN agar kegiatan KKN ini berjalan dengan baik.
 
Top