Kuncipos.com - Babinsa Koramil 01 Pariaman Serda Zulfardiansyah memantau langsung pembuatan Tabuik di wilayah binaan, Kamis tgl 4 Agustus 2022 kegiatan ini sekaligus komsos bersama warga Binaan yang akan melakukan pesta budaya event tahunan yang ada di kota Pariaman,,,yang 2 tahun terakhir tidak di selenggarakan di karna kan covid.

Hoyak Tabuik merupakan upacara peringatan kematian Hasan dalam pertempuran di Bukit Karbala. Setiap tanggal 10 Muharram, masyarakat Kota Pariaman memperingatinya dengan sangat megah. mereka membuat Tabuik yang berbentuk kepala manusia dan bertubuh burung Buraq. 

Hiasan yang megah itu juga dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik lainnya pada tabuik itu. Pembuatan tabuik juga melewati beberapa prosedur seperti maambiak tanah, membuat tabuik, dan lain-lainnya. prosesi Hoyak Tabuik berlangsung sepuluh hari. Tabuik itu di arak berkeliling kota bernama arak Tabuik sebelum di adu. Tabuik di arak menuju pantai Gandoriah, tempat tabuik itu di buang ke laut setelah di preteli semua benda-benda berharga yang ada pada tabuik.
 
Top