Tanah Datar, Kuncipos.com - Satuan Tugas TMMD ke-114 Kodim 0307/TD melaksanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara dalam rangka memperkuat jiwa nasionalisme bagi Masyarakat, Siswa dan Siswi MAN 3 Tanah datar, Jorong Simpang, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah datar,Selasa(2/8/2022).

Bertindak selaku pemateri, PLH Danramil 04/Lintau Buo, Pelda Endrik dengan peserta yang hadir Masyarakat, Siswa dan Siswi MAN 3 Tanah datar 

Di awal penyampaiannya, PLH Danramil 04/Lintau Buo menyinggung tentang negara dan hubungannya dengan warganya. Antara negara dan warganya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, diikat dalam tata aturan perundang-undangan.

"Dalam diri warga negara tertanam hak dan kewajiban terhadap negara, yang harus dijalankan secara seimbang. Masih segar dalam ingatan kita, pernyataan bijak, "Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah engkau berikan kepada negaramu. Hal ini mengandung maksud, dahulukan kewajiban sebelum hak", Ungkapnya.

Selanjutnya Danramil 04/Lintau Buo membahas tentang wawasan kebangsaan yang berisi hal ihwal tentang negara, meliputi wilayah nusantara, dasar negara, lambang negara, bendera negara, UUD 1945 dan isu-isu terkini tantangan dalam berbangsa dan bernegara.

Di akhir penyampaiannya dia menyampaikan kata kunci bahwa, "Harus dipahami bahwa bela jangan dimaknai sebagai perang oleh tentara, warga negara melaksanakan tugas dengan baik sesuai profesi dan keahliannya sudah termasuk bela negara.Ikut gotong royong, Tidak membullying teman-temannya itu termasuk bela negara. Contoh lain, mencegah karhutla dengan tidak membakar lahan termasuk bela negara," jelas dia.

Tokoh Masyarakat Pak Ardoni Ernanda, M.Ag Jorong simpang yang juga turut hadir dalam penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara memberi apresiasi tinggi.

"Kami selaku Masyarakat sangat Jorong simpang berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi penyelenggaraan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi Masyarakat, Siswa dan Siswi MAN 3 Tanah datar Di Jorong Simpang, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah datar, Berharap, agar penyuluhan ini mampu merubah mandset tentang bela negara, yang selama ini hanya dipahami tugas militer semata. Ternyata itu keliru. Bahwa kita berbuat, bekerja dengan benar sesuai profesi kita, sudah termasuk bela negara," katanya.

Dia menambahkan, hal lain yang sangat berharga adalah diperkenalkan dan dipahamkannya hal  dalam berbangsa dan bernegara. Masyarakat dan Siswa- Siswi Jorong simpang jadi paham tentang wilayah nusantara, dasar negara, lambang negara, konstitusi negara, dan simbol-simbol negara yang harus dihormati dan dijaga.

"Kami yakin, Masyarakat, Siswa dan Siswi MAN 3 Tanah datar akan mengalami perubahan setelah ini, semakin kuat dan kokoh semangat jiwa nasionalismenya. Bela negara bukan karena menjalankan undang-undang, tetapi karena cinta," fungkasnya.

Hadir juga Kepala Sekolah dan Para guru MAN 3 Tanah datar dan Tokoh Masyarakat.(**).
 
Top