Kuncipos.com - Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Serda Darta Hendra M. melaksanakan kegiatan pengecekan tanaman jagung sebagai wujud pelaksanaan Upaya Khusus (Upsus) Pajale dalam rangka peningkatan mutu swasembada pangan, khususnya komoditi tanaman jagung.

Kegiatan yang dilakukan Serda Darta Hendra M ini direspon positif oleh warga, khususnya petani jagung dalam rangka tugas pendampingan pertanian sebagai upaya untuk mengawal kesuksesan program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Dalam kegiatan ini, Serda Darta Hendra M yang merupakan Babinsa Nagari Tapakih Sejahtera melaksanakan pengecekan perkembangan tanaman jagung seluas 2 hektar milik bapak Uncu Pendi Nagari Tapakih, Kecamatan UlakanTapakih, Kabupaten padang pariaman, Sabtu (03/09/2022).

Serda Darta Hendra M mengatakan bahwa kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk mengecek tanaman jagung milik petani guna mengetahui perkembangan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung.

“Kegiatan pemantauan seperti ini harus sering dilakukan oleh Babinsa, sebab cara ini merupakan suatu langkah yang efektif untuk bisa mengetahui perkembangan tanaman jagung,” ujarnya.

Dalam pengecekan tersebut Serda Darta Hendra M juga turun langsung bersama petani guna membantu merawat tanaman dengan ikut membersihkan gulma yang tumbuh dan mengganggu tanaman jagung.

“Penyiangan dan pembersihan gulma ini merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh para petani guna membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung.
 
Top