Kuncipos.com - Kelompok Tani At-tanwir menerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari anggaran pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Nurfirmansyah (anggota Fraksi PKS) dalam bentuk satu uni mesin pengolah lahan pertanian Rabu, 1 September 2022 di kantor Balai penyuluh Pertanian X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Serah terima Alsintan tersebut hadir pula Yenni Asrida, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pertanian Kab. Solok, (2/9).

Selain Keltan At-tanwir, Keltan Benih Madani, Keltan Limpur Jaya juga mendapat bantuan mesin untuk membuat bedengan atau kalangan bawang serta kelompok tani lainnya di Kab. Solok Penyerahan Alsintan tersebut langsung diterima Bakhtiar dan Doni Putra, Ketua dan anggota Keltan at-Tanwir yang juga ketua Gapoktan Surya Mandiri Sejahtera Sungai Nanam.

Di sela-sela kegiatan serah terima tersebut Bakhtiar mengatakan bahwa Alsinta ini sangat memberi manfaat kepada masyarakat tani khususnya bagi peningkatan produktifitas kerja petani holtikultura yang sebelumnya pengolahan tanah dilakukan secara manual.
 
Sementara itu, Nurfirmansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini merupakan anggaran pokir anggota dewan yang berkerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat Dan Kabupaten Solok. “Bantuan ini pada dasarnya merupakan aspirasi dari masyarakat dan kelompok tani lalu, kemudian saya sampaikan dan perjuangkan apa yang di inginkan serta dibutuhkan oleh masyarakat sehingga dapat terwujud”, katanya. 

Selain itu, ia juga berharap, semoga dengan adanya Alsinta ini dapat memangkas waktu pengerjaan lahan pertanian serta meningkatkan pendapatan petani. Oleh karenanya bagi kelompok tani yang mendapatkan mesin ini agar digunakan dan dimanfaatkan sebaik baiknya dalam peningkatan produktifitas pertanian. 

Sedangkan Yenni Asrida, mengatakan bahwa dengan adanya program berupa Alsinta yang diperjuangkan Nurfirmansyah ini dapat memudahkan petani dalam pengelolahan dan penggemburan lahan pertanian. Dengan begitu,diharapkan kepada kelompok tani yang menerima Alsinta ini agar menjaga dan merawat alat alat tersebut. Jika alat tersebut mengalami kerusakan, Dinas menyediakan bengkel keliling yang bisa dihubungi kapan saja dan pengerjaannya bersifat gratis.

Sementara itu, Doni Putra yang mewakili seluruh kelompok yang menerima Alsintan dalam sambutanya mengatakan menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Nurfirmansyah selaku anggota DPRD dan Dinas Pertanian Sumatera Barat, yang telah memberikan bantuan Alsintan ini.

“Kami para petani selama ini masih menggunakan cangkul atau cara yang tradisional, dan mudah mudahan dengan menggunakan mesin ini bisa memudahkan kami nantinya baik itu untuk pembukaan lahan maupun untuk penggemburan tanah. Kemudian kami selalu berharap agar membimbing dan mengarahkan kami nantinya dalam proses penggunaan alat maupun dalam bertani nantinya, “ tutupnya. (Kontributor: Endrio Febrianda-anggota Keltan At-tanrir).
Penulis : Humas Koltan
 
Top