Sungai Nanam, Kuncipos.com - SMPN Negeri 6 Sungai Nanam, akan menggelar ujian Nasional Berbasis Komputer atau Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada semester yang akan datang, tepatnya pada tanggal 12-22 September mendatang, Kamis (8/9).

ANBK merupakan program evaluasi mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) yang meliputi Input, Proses, dan Output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANBK juga Menentukan mutu sekolah, hasil dari ujian ANBK ini dinamakan dengan Rapor Mutu sebagai hasil dari ujian siswa.

Berdasarkan informasi dari Kepala Sekolah SMPN 6 Hj. Elfisra, S.Pd.,MM., Menyampaikan bahwa, "tahun sebelumnya untuk pelaksanaan ujian kami bergabung dengan SMPN 2 Sungai Nanam, bahkan kami juga pernah bergabung dengan MAN 3 Solok untuk pelaksanaan UNBK ketika itu, tuturnya.


Proses ini tentu memakan biaya yang cukup mahal belum lagi untuk transportasi. Alhamdulillah untuk tahun ini kita mendapatkan bantuan dari Kemdikbud sebanyak 15 Crombook, sehingga kita bisa melaksanakan ANBK secara mandiri, pungkasnya.

Saya berharap dengan pelaksanaan ujian mandiri ini, akan memacu semangat siswa dalam meningkatkan kualitas belajar dan mendapatkan prestasi terbaiknya. Dan juga saya berharap seluruh elemen sekolah mendapatkan motivasi untuk mendorong proses belajar mengajar (PBM) yang bermutu. Tutupnya."(JR)
 
Top