Padang, Kuncipos.com - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Marga terus meningkatkan kemantapan ruas jalan dan jembatan dengan melakukan preservasi jalan nasional. Pemeliharaan secara rutin serta rekonstruksi jalan dan pelebaran jalan menuju standar yang telah ditetapkan. 

Pada tahun 2022 anggaran untuk kegiatan preservasi jalan dilakukan di jalan nasional yang berada di Kota Padang-Painan hingga Kambang Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Selain memperlancar arus lalulintas Padang-Pessel preservasi jalan nasional ini juga bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat sebagai salah satu Daerah wisata di Sumbar.

BPJN Sumbar, selaku Kepala Balai Syachputra A Gani, dengan Satker PJN II, Andi Mulya Rusli,ST,MT melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.3 Wilayah II Provinsi Sumbar, M. Suaidi, ST.MT mengatakan, program  preservasi jalan dan jembatan di semua jalan nasional di Sumbar, termasuk salah satunya Preservasi Jalan dan jembatan Padang-Painan hingga Kambang yg selalu dilaksanakan setiap tahun agar jalan nasional selalu bisa melayani angkutan logistik dan pengguna jalan sehingga akan tercipta jalan yg aman, nyaman dan berkeselamatan. 



konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan wisatawan lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan menunjang Kabupaten Pesisir selatan sebagai salah satu Daerah wisata andalan di Sumatera Barat.

Selanjutnya dia mengatakan, semakin meningkatnya pelayanan terhadap jalan kepada pengguna yang berkendara semakin merasakan keamanan dan kenyamanan yang dapat menunjang naiknya perekonomian masyarakat setempat. Dalam hal ini kita harapkan akan ada dampak positif bagi masyarakat.

“Jalan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan juga menjaga inflasi. Kenaikan inflasi juga dipengaruhi oleh jalan yang rusak, kalau kondisi jalan rusak maka akan berdampak terhadap konektivitas dan kegiatan masyarakat. Tutupnya".(JR)
 
Top