Padang, Kuncipos.com - Disetiap acara atau ada tamu kehormatan yang datang di Sumbar, biasanya disbut dengan tari Pasambahan atau tari Piring, baik itu acara formal maupun non formal. Biasanya akan dilakukan oleh penari-penari yang sudah terlatih di sebuah Sanggar Seni.

Salah satu Sanggar Tari yang aktif tampil di acara penyambutan tamu istimewa di Sumbar atau acara besar lainnya adalah Sanggar Tari Galatiak Pitameh yang di pimpin oleh seorang yang berpengalaman yakni Oktia Jusma Widyastuti S.Pd


Sanggar Tari Galatiak Pitameh, yang beralamat di Jalan Pitameh Nomor 37 Kecamatan Lubuk Bega­lung (Lubeg) Kota Padang itu berdiri pada 1 Desember 2013.

Terus eksis dalam sebuah acara, kemarin Sanggar Tari Galatiak Pitameh tampil di sebuah kunjungan kerja petinggi Tentara Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) di Kota Padang yakni kunjungan Kepala Ajudan Jenderal Kodam I/BB Kolonel Caj Andri Daniel ., S.I.P,. M.H ke Ajenrem 032/Wbr.


Dalam acara tersebut penampilan anak-anak asuh Oktia Jusma Widyastuti S.Pd tampak sudah mahir dan profesional dalam menyambut tamu kehormatan. Dalam sambutannya Kaajendam I/BB mengatakan sangat terhormat dan senang sudah disambut oleh penari-penari dari Sanggar Tari Galatiak Pitameh itu.


Masih kata Kolonel Andri Daniel, ia sangat mengapresiasi budaya-budaya Minang yang masih eksis hingga saat ini dan masih dilestarikan oleh Sanggar Tari Galatiak Pitameh.
 
Top