Kuncipos.com - Sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, Babinsa Koramil 04/Scc  Kodim 0308/ Prm Koptu Afriyasdi  melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di warung kopi di Korong Sungai Asam Kecamatan 2 x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (26/06/2022).

Babinsa berkeliling di desa binaannya untuk mengetahui semua permasalahan mulai dari yang kecil sampai besar, sehingga jika ada permasalahan dengan cepat bisa terselesaikan, terlebih masalah keamanan lingkungan dan ketertiban warga agar berhati hati dalam meninggalkan rumah saat pergi ke ladang karena tindak kejahatan pasti banyak jika ada kesempatan.

Babinsa Koramil 04/Scc Koptu Afriyasdi mengatakan, kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok aparat keamanan, serta mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Selain itu juga untuk menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat di desa binaan, secara rutin dan berkelanjutan mendatangi dan berkomunikasi komponen masyarakat.

“Saya sebagai Babinsa menghimbau masyarakat tentang keamanan lingkungan dan ketertiban agar tetap terjaga serta supaya tidak mudah terpengaruh dan ikut-ikutan terutama masalah yang nantinya bisa merugikan diri,” kata Koptu Afriyasdi.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Koramil 04/Scc Koptu Afriyasdi mengingatkan Kepada warga untuk tidak main hakim sendiri.

“Jika ada permasalahan, segera diselesai dengan baik atau berkoordinasi dengan aparat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga wilayah desa tetap kondusif,” ungkapnya.

Danramil 04/ Scc Kapten Arm Azral mengatakan bahwa Komunikasi sosial merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.

“Melalui komunikasi ini, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi,” terangnya.

Ia pun menambahkan salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.
 
Top