Kuncipos.com - Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) II Embarkasi Padang bertolak ke Madinah, Minggu (5/6/2022). Total, ada 391 orang yang diberangkatkan sore itu.

Mereka take off dari Bandara International Minangkabau (BIM) menuju Bandara Pangeran Muhammad bi Abdullah Madinah pukul 14.29 WIB. Jemaah diperkirakan tiba di Madinah sekitar pukul 23.00 WIB atau 19.00 waktu Madinah.

"Dua orang gagal berangkat karena meninggal dunia dan tidak bisa cuti karena berstatus CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil, red),” kata Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Joben saat pelepasan jemaah.

Dua orang jemaah yang gagal berangkat atas nama Arif Winanda Syafri asal Kota Pariaman dengan nomor manifest 338. Batal berangkat disebabkan tidak mendapatkan cuti lantaran baru lulus CPNS.

Kemudian Zelvi Abdul Malik Zen asal Kabupaten Tanah Datar dengan nomor manifest 126. Dia batal berangkat karena meninggal dunia sesaat sebelum bertolak ke Padang.

Mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, atas nama petugas haji dan umrah, Joben menyampaikaan duka mendalam atas wafatnya jemaah Kloter II. Keluarga yang ditinggal diminta diberi kesabaran.

Joben mengatakan, jemaah haji Kloter II berasal dari Kota Bukittinggi, Pariaman, dan Padang. Kemudian, juga jemaah asal Padang Pariaman dan Tanah Datar.

Jemaah Kloter II diantar ke tangga pesawat oleh Kasubdit Pengelolaan Keuangan Dana Operasional Ditjen PHU, Suratman didampingi Kabag TU Miswan. Turut hadir Kabiro Kesra Irsyad, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, dan Kakan Kemenag Padang Pariaman Syafrizal, Kota Pariaman Rinalfi, Tanah Datar Syahrul dan Bukittinggi Eri Iswandi.

Pada kesempatan itu, Suratman mengapresiasi Kemenag Sumbar beserta stakeholdet terkait atas kesuksesan dalam memberangkatkan jemaah haji. Bahkan, lanjutnya, tidak ada jemaah yang komplain.

Ini menunjukan pelayanan pelayanan jemaah meningkat dari tahun ke tahun. Indeks kepuasan meningkat sesuai harapan bersama,” kata Suratman.


 
Top