Kuncipos.com - Guna mengantisipasi kelangkaan dalam stok dan pendistribusian pupuk di wilayah binaan, Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman Sertu Yumahdi melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengecekan pupuk bersubsidi di kios pupuk MUTHIA Nagari Toboh gadang selatan Kecamatan Sintoga Kabupaten Padang pariaman kamis (28/07/2022).

Selain melakukan pendampingan petani di wilayah binaan, Sertu Yumahdi juga melakukan pengecekan sekaligus pengawasan ketersediaan pupuk untuk para petani di wilayah Nagari Toboh gadang selatan.

Saat ini tersedia pupuk sebanyak 4 ton yang dipersiapan untuk Masa tanam dua pada bulan september Untuk pendistribusiannya akan disesuaikan dengan daftar RDKK (Rencana Definisi Kebutuhan Kelompok).

Setiap pembelian pupuk bersubsidi harus meunjukkan kartu tani hal ini agar penggunan pupuk bersubsidi tepat sasaran yaitu sesuai dengan lahan yang digarap, ungkap babinsa Sertu Yumahdi.

Ditempat terpisah, Danramil 05/Lubuk Alung Lettu Czi.Delri putra menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui stok pupuk yang ada di kios-kios di wilayah Koramil 05/Lubuk Alung dan sekaligus sebagai bentuk pengawasan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani.

Dengan adanya pengawasan oleh Babinsa diharapkan untuk penyaluran pupuk terutama pada saat musim tanam harus tepat sasaran kepada petani sesuai alokasinya.

“Selain itu juga untuk mengantisipasi apabila ada oknum-oknum yang berusaha berbuat curang dengan tindakan penimbunan maupun penyelewengan terhadap pupuk bersubsidi tersebut,”. jelas Danramil.

Sementara itu Wawan selaku pemilik toko Pupuk UD. MUTHIA menyampaikan, bahwa pihaknya selalu mematuhi prosedur tentang penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani di wilayah tanggung jawab penyalurannya, hal ini dibuktikan dengan adanya buku daftar penerima/pembeli.
 
Top