Bunda PAUD Kab. Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, SP membuka secara resmi sosialisasi Penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada Jumat, 7/7 – 2023 di Gedung Solok Nan Indah Arosuka Kabupaten Solok.

Dalam sosialisasi ini menitik beratkan kepada bagaimana anak merasa nyaman dalam berorientasi dengan lingkungan baru yang semula dari jenjang PAUD ke jenjang SD.

Bunda PAUD Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, SP yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa  jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan sebelum jenjang Pendidikan Dasar merupakan upaya yang kita laksanakan bagi anak semenjak lahir sampai ia bersekolah, dalam rangka membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar dapat optimal.

” Menyerahkan pendidikan anak kepada Lembaga yang tepat merupakan langkah yang harus dilakukan, lembaga-lembaga PAUD harus berorientasi sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan teknologi sekarang ini,” Ujar Emiko Epyardi Asda.

Transisi dari jenjang PAUD ke jenjang SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar yang baru.

Rasa nyaman saat melaksanakan proses belajar mengajar sangat membantu anak-anak dalam berorientasi dengan lingkungan yang baru.

” Anak yang baru belajar di jenjang SD mesti diberikan perlakuan yang tidak jauh berbeda dengan masa mereka belajar di jenjang PAUD, hal ini menjadi penting untuk memastikan secara psikis anak-anak merasa nyaman berada di situasi dan lingkungan yang baru,” kata Emiko.

Turut hadir dalam pembukaan sosialisasi tersebut, Kepala Disdikpora Zainal Jusmar, S.Pd, MM, Kepala Diskominfo Teta Midra, S.STP, M.Si, Kepala Bidang PAUD Disdikpora, Kepala Bidang SD Disdikpora, Kepala TK/PAUD dan SD se-Kabupaten Solok, Himpunan Guru PAUD se-Kabupaten Solok, dan Pengurus PAUD se-Kabupaten Solok.

Pada kesempatan yang sama Kepala Disdikpora Zainal Jusmar, S.Pd, MM juga memberikan sambutannya.

” Hari ini kita mengadakan Sosialisasi Penguatan Transisi, sebagaimana yang kita Laksanakan di tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yakni kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Saat ini kita harus memulainya dari Tingkat Sekolah Dasar (SD),” ungkap Zainal Jusmar. (Karta)
 
Top