Padang-kuncipos.com-Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Prof. Musliar Kasim Ungkap Program Khusus Kampus pada acara Tabligh Akbar bersama Ustadz Kondang Dr. Abdul Somad, Lc.M.A di Mesjid Baiturrahmah Usai Sholat Isya, Kamis (02/01/20).

Mengawali Sambutannya, Rektor Mengatakan awal berdirinya mesjid Kampus Baiturrahmah ini sepenuhnya didirkan untuk Syiar Agama dan utamanya untuk pengembangan pendidikan Unbrah.

"Mesjid ini kami gunakan setiap saat untuk sholat berjamaah, dan dikampus kami sudah ciptakan program khusus, bahwa saat aktivitas pembelajaran berlangsung harus berhenti ketika adzan dikumandangkan,  seluruh mahasiswa wajib sholat berjamaah di mesjid", ujar mantan wakil menteri pendidikan.

"Andai kata mereka 4 tahun kuliah,  maka mereka sudah terbiasa sholat berjamaah setelah mereka tamat, karna kami menginginkan Alumni Unbrah tidak hanya memiliki kompetensi ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai bidangnya, tetapi juga memiliki Akhlakul karimah" Tambahnya.

"Seseorang tidak mungkin akan memiliki akhlakul karimah jika dia tidak terbiasa menjalankan Syariat Islam dengan baik, untuk mewujudkan itu kami membuat program wajib sholat berjamaah dimesjid, dan 2 program khusus untuk membangun sikap dan mental mahasiswa yaitu: Holistik Spritual Qur'ani, dengan adanya program ini mahasiswa diharapkan membaca Al-Quran 1 Juz setiap hari, serta setiap hari sabtu kami mengadakan Kajian Dhuha,  seluruh mahasiswa wajib mengikuti Kajian Dhuha dan membuat resume untuk tambahan nilai keagamaan, mahasiswa wajib mengikuti Kajian 14 kali dalam satu semester, jika tidak mencukupi, maka mereka harus mengikut Kajian-kajian diluar kampus", Lanjutnya.

"Untuk membangun sikap mental yg baik, punya disiplin,  etos kerja serta memiliki spirit yang bagus, dua tahun belakangan ini setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Bintalfisdis (Pembinaan Mental Fisik dan Disiplin)", tuturnya.

"Tahun ini Alumni Baiturrahmah diwisuda 7 Orang mengikuti Pendidikan Akademi Militer 1 Tahun di Manggelang, Lulus 5 Orang menjadi Dokter pangkat Letnan Dua, 1 Orang Dokter Gigi, 1 Orang Radiologi dan 1 Orang Alumni Fakultas Kedokteran Baiturrahmah mendapat Lulusan Terbaik Tahun ini untuk Angkatan Laut", terangnya.

"Dengan adanya Progam-Program Khusus ini,  kami menginginkan mahasiswa Baiturrahmah dapat menjadi mahasiswa yang baik dan Sarjana yang Ahli dibidangnya masing-masing serta memiliki Akhlakul karimah, dengan hadirnya kita mendengarkan tausiah-tausiah ini semoga kita semua mendapatkan kebaikan dari Allah SWT",  tutupnya.(Ira)
 
Top