Kuncipos.com - Babinsa Koramil 04/Sicincin Kopda Andri Yanto Efendi, mendampingi petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kecamatan Enam Lingkung memberikan suntikan vaksin, kepada ternak milik warga, di Nagari Koto Tinggi Kec Enam Lingkung, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan pemberian vaksin dosis Pertama, dengan mendatangi ternak-ternak warga yang ada. Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak warga.

Harus diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu, ternak terlihat demam tinggi, menggigil, mengalami tidak nafsu makan (anorexia), keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas.

Di tempat Babinsa mengatakan bahwa, TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

Kami juga menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi, untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” pungkasnya.
 
Top