Padang Pariaman, Kuncipos.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Batang Anai Kodim 0308/Pariaman Serda Rudi Hartono dan Serda Hari W dan tiga anggota Koramil 09/Batang Anai lainnya memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan kemampuan Bela Negara kepada pelajar SD Negeri 20 Batang anai, Selasa (20/9/2022).

Menurut Danramil Batang Anai Kapten Inf Januar Hendri ditempat terpisah, pemberian materi Wasbang  bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

Dijelaskan pula, empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia yakni: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, merupakan hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh semua warga Nagara Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, pancasila sebagai ideologi negara serta pancasila sebagai tujuan hidup kita.

Menurut Serda Rudi, UUD 1945 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan. Sementara Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama di seluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai - nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan NKRI.
 
Top